Sabtu, 23 Juni 2012

Prajurit Comanche

Sejak saat kami dilahirkan, sejak kami menyentuh bumi -- kami adalah prajurit.
—Jay Redhawk, ahli Comanche
Segerombolan orang Comanche.
 
Suku Comanche adalah suku Indian yang menghuni Dataran Besar di Amerika Utara. Kini sebagian besar dari mereka tinggal di Oklahoma, sisanya tinggal di Texas, California, dan New Mexico.
Suku Comanche bermukim di di Dataran Besar sejak 1500 M. Mereka sangat erat dengan kebudayaan berkuda, bahkan mereka banyak dipercaya sebagai suku pertama di Dataran Besar yang menggunakan kuda untuk transportasi dan perang. Mereka biasanya membawa senjata berupa tombak dan busur yang kadang-kadang dibuat dari batu obsidian.

Perlindungan

Orang Comanche tidak mengenakan baju zirah khusus kecuali hiasan badan dari tulang binatang, namun beberapa orang Comanche membawa perisai bundar dari dari kulit, kadang dengan rangka dari kayu, yang dihiasi bulu-bulu burung.

Persenjataan

Senjata yang biasa dibawa oleh orang Comanche adalah sebagai berikut:
  • Gada Rajawali: Sejenis kapak Indian atau Tomahawk yang terdiri atas bilah betu atau besi berbentuk segitiga pada gagang kayu lurus. Gada Rajawali biasanya digunakan untuk memotong dan menebas, dan dapat pula dilemparkan. Senjata ini efektif digunakan dengan berjalan kaki maupun sambil menunggang kuda. Kadang-kadang senjata ini dihisi bulu-bulu.
  • Tombak: Tombak sepanjang 8 kaki dengan ujung berupa bilah besi sepanjang 12 inci. Gagang kayunya ditutupi kulit hewan dan bulu burung. Tombak ini adalah senjata untuk menusuk, meskipun dapat pula digunakan untuk menebas. Senjata ini lebih efektif digunakan sambil menunggang kuda.
  • Pisau: Pisau Comanche dibuat dari batu dan tulang. Benda ini digunakan untuk menguliti kulit kepala musuh.
  • Panah: Busur panah sepanjang 4 kaki yang dibuat dari kayu dengan tali busur dari urat hewan. Pada bagian atasnya terdapat bulu kuda untuk membantu menunjukkan arah angin. Anak panahnya memiliki panjang sekitar 2 kaki dengan mata panah dari batu atau besi, dan biasanya mata panahnya dibuat berduri-duri supaya memberi lebih banyak kerusakan kepada musuh. Orang Comanche ahli dalam memanah sambil menunggang kuda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar