Sabtu, 23 Juni 2012

Prajurit Mongol

Pasukan Mongol memiliki misi: menaklukan segalanya; menguasai segalanya yang menghalangi; menghancurkan segalanya yang menghalangi.
—Jason Ngyuen, ahli Mongol
Ada beberapa peradaban yang tidak mau menyerah kepada Khan. Lalu Pasukan Mongol memusnahkannya dari sejarah.
—Jason Ngyuen
Seorang prajurit berkuda Mongol.
Prajurit Mongol adalah unit tempur berkuda dari Asia yang terkenal karena kekejaman mereka. Mereka berhasil menaklukkan wilayah yang sangat luas pada abad ke-13 dan mendirikan Kekaisaran Mongolia, yang merupakan kekaisaran terbesar pada masa itu.
Prajurit Mongol sangat ahli dalam berkuda dan memanah, dua keahlian yang sangat cocok untuk pertempuran di daerah stepa. Beragam suku Mongol bersatu di bawah Jenghis Khan pada tahun 1206 M. Di bawah kepemimpinannya, pasukan Mongol menaklukan sebagian besar Cina utara, sebagian besar Kazakhstan modern, dan sebagian Rusia serta Timur Tengah. Setelah kematiannya, pasukan Mongol terus memperluas daerah taklukan mereka, hingga mereka berhasil mendirikan kekaisaran yang sangat luas. Sebelum masa tersebut, tidak pernah ada negara yang memiliki wilayah seluas kekaisaran Mongol, dan setelah masa tersebut, hanya ada satu kekaisaran yang lebih luas daripada Kekaisaran Mongol, yaitu Kekaisaran Britania. Dengan kata lain, Kekaisaran Mongol adalah kekaisaran terbesar kedua yang pernah ada. Kekaisaran ini meliputi seluruh Cina, Korea, sebagian besar Timur Tengah, dan Eropa Timur.
Di Cina diperkirakan bahwa separuh penduduknya dibantai oleh pasukan Mongol sedangkan di Rusia diperkirakan sedikitnya 500.00 orang tewas selama invasi Mongol. Pasukan Mongol terkenal kejam. Mereka tidak ragu membantai musuh mereka atau mempekerjakan musuh sebagai budak hingga mati. Bangsa Mongol juga diduga ikut menyebarkan wabah penyakit pes, yang disebut juga Kematian Hitam, ke penjuru Asia dan Eropa.

Perlindungan

Untuk perlindungan, prajurit Mongol mengenakan zirah lamelar dan helm dari kulit atau logam. Ada juga yang dilengkapi dengan perisai besi.

Persenjataan

  • Gada besi
  • Glaif: Sebuah tongkat kayu berukuran enam sampai tujuh kaki yang di ujungnya dipasangi belati besar sepanjang 18 inci. Bagian belakang belati itu kadang dilengkapi dengan kait.
  • Busur campur Mongol: Busur kecil yang dibuat dari beragam bahan, biasanya gabungan dari kayu, urat, dan tanduk hewan. Semua bahan itu digabungkan menggunakan lem hewan. Panahnya beragam, mulai dari panah penembus zirah, panah bermata lebar, hingga panah api.
  • Pedang ild: Pedang berbilah melengkung bermata tunggal yang biasanya dipegang dengan satu tangan. Senjata ini cocok untuk menyayat musuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar