Sabtu, 23 Juni 2012

Prajurit Viking



Orang Viking tidak bertempur dengan jujur. Dia bertempur untuk menang, membunuhmu, dan merebut harta bendamu, membawa pulang harta rampsan, dan memberi makan keluarganya sendiri.
—Matt Nelson, ahli Viking

Seorang prajurit Viking.
Bangsa Viking adalah orang-orang Nordik yang menjadi penjelajah, pelaut, penakluk, prajurit, pedagang, dan perompak yang menyerbu, menjarah, menjelajah dan bermukim di banyak daerah di Eropa, Asia dan di kepulauan Atlantik Utara sejak akhir abad ke-8 hingga pertengahan abad ke-11.
Mereka menyerbu dan menjarah banyak tempat untuk merampas sumber daya alamnya serta barang-barang berharga. Meskipun dianggap barbar dan biadab oleh banyak orang, bangsa Viking bertempur tidak hanya demi kekayaan dan harta rampasan. Mereka juga bertempur supaya dapat mati di medan perang. Dalam kepercayaan orang Nordik, jika ada seorang prajurit yang bertempur dengan gagah berani dan mati dalam pertempuran maka arwahnya akan dibawa ke Valhalla dan bertemu para dewa.
Viking juga merupakan penjelajah dan pedagang yang handal. Mereka berdagang sampai sejauh Timur Tengah. Sifat mereka yang tangguh dan daya jelajah mereka yang tinggi membuat bangsa Viking berhasil tiba di benua Amerika lebih dari 400 tahun sebelum kedatangan Columbus.
Di antara para prajurit Nordik, ada prajurit yang disebut berserker. Sebelum bertempur, mereka mengonsumsi sejenis jamur yang mengandung zat halusinogen sehingga mereka bertempur dengan gila-gilaan dan tak kenal takut. Menurut pendapat lainnya, mereka mengonsumsi alkohol dengan jumlah banyak sebelum pergi bertempur.

Perlindungan

Orang Viking memakai helm besi dan mengenakan zirah cincin. Mereka juga membawa perisai bundar yang dibuat dari beberapa lembaran kayu yang disatukan. Kayu ini dilapisi oleh kulit hewan dan ditambahi tonjolan besi pada bagian tengahnya. Bagian pinggirnya juga dilapisi oleh kulit atau besi. Perisai ini cukup bagus menghadapi tembakan panah. Karena bahannya dari kayu, ketika pedang atau kapak musuh menusuk perisai ini, maka senjata tersebut akan sulit dicabut kembali.

Persenjataan

Berikut ini adalah persenjataan yang biasanya dimiliki oleh orang Viking:
  • Kapak Besar: Sebuah kapak Skandinavia dengan gagang kayu sepanjang lima kaki. Bilahnya berupa besi yang lebar, tipis, ringan, dan tajam.
  • Pedang Panjang: Pedang berbilah lurus bermata ganda sepanjang kira-kira tiga kaki atau lebih. Bagian ujung gagangnya bercuping dan di sepanjang bilahnya terdapat talang untuk membuatnya lebih ringan. Pedang ini efektif baik untuk menusuk maupun menebas. Gagangnya pendek sehingga biasanya dipegang dengan satu tangan.
  • Tombak: Tombak Viking terdiri atas kepala tombak dari besi sepanjang 20-60 cm yang terpasang pada gagang kayu. Tombak ini dapat digunakan untuk menusuk, dan dapat pula dilemparkan. Orang Viking biasanya membawa tombak ini dengan satu tangan dan mereka biasanya membawa empat pasang tombak ketika bertempur. Gagangnya juga dapat digunakan untuk menahan serangan musuh.
  • Langsax: Pisau besar bermata tunggal dari Eropa Utara dengan bilah besar dan lebar. Bilahnya biasanya lurus atau sedikit melengkung pada bagian belakangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar